Senin, 18 Mei 2015


jeruk nipis adalah bahan utama untuk pembuatan produk kosmetik kita yaitu masker wajah dan pencuci rambut. Berikut adalah fungsi jeruk nipis untuk kulit dan rambut :

1. Meminimalisir jumlah jerawat dan memudarkan bekasnya
Anda bisa mendapatkan wajah yang bebas jerawat dengan menerapkan perawatan yang sama seperti mengatasi kulit berminyak. Hanya saja bagian yang digunakan adalah air perasan jeruk nipis. Oleskan air jeruk menggunakan cotton bud pada jerawat dan bekasnya, diamkan 30 menit hingga mengering sebelum dibilas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memadukan jeruk nipis dengan madu secukupnya. Kedua bahan ini kontribusinya di bidang kecantikan, terutama merawat kulit sudah banyak dibuktikan oleh para pakar kecantikan di seluruh dunia. Anda bisa menggabungkan keduanya sebelum dioles pada wajah.

2. Mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah
Semua orang pasti mengidamkan wajah yang bersih, kencang, dan cerah layaknya putri keraton. Pasalnya, wajah yang bersih tanpa noda bisa menjadi modal untuk menuai kesuksesan di dunia bekerja. Namun yang menjadi permasalahan adalah untuk mewujudkan mimpi ini tidaklah mudah, butuh keseriusan dalam menjalani perawatan dengan masker jeruk nipis.

3. Membuat kulit tampak awet muda
Usapkan air perasan jeruk nipis pada wajah untuk mengurangi tampilan kulit yang semakin menua seiring bertambahnya usia. Jangan lupa untuk diimbangi dengan perbanyak minum air putih agar tekstur kulit tetap lembut dan kenyal layaknya wanita usia 20-an.

4. Mengurangi kerontokan rambut
Rambut rontok adalah masalah normal yang pasti dihadapi oleh banyak remaja, yang membedakan adalah jumlah rambut yang rontok. Apabila mencapai puluhan helai perhari, hal tersebut menandakan adanya masalah pada kesehatan rambut. 

Anda bisa memulai pengobatan rambut rontok dengan menggunakan air hasil perasan jeruk nipis secara teratur. Oleskan secara merata dan Anda biarkan semalaman (dibiarkan sambil tidur). Ketika pagi hari, Anda bilas hingga bersih dengan air. Lakukan terus sampai rambut rontok berkurang.

5. Melebatkan rambut
Rambut tipis akan terlihat seperti setengah botak, tentu penampilan akan terganggu dan rasa percaya diri akan memudar. Anda tidak perlu khawatir jika masalahnya hanya rambut tipis akibat jumlah rambut yang sedikit. Problem ini bisa Anda atasi dengan cara melebatkan atau menyuburkan rambut dengan bantuan jeruk nipis.

Caranya seperti berikut:
  1. Sediakan 1 buah jeruk nipis, belah dua, peras dan ambil airnya.
  2. Bakar merang padi secukupnya sampai menjadi abu.
  3. Rendam abu merang pada air secukupnya selama semalaman, kemudian saring.
  4. Setelah itu, padukan air rendaman abu merang dengan air jeruk nipis, kemudian basuh kulit kepala sembari dipijat.
  5. Lakukan setiap hari hingga terlihat perubahan.

Jika memang Anda bermasalah dengan rambut tipis atau kebotakan, lebih baik beli produk penumbuh rambut terpercaya. Atau jika punya uang lebih, lakukan transplantasi rambut karena hasilnya lebh cepat dan lebih bagus.

6. Menghilangkan ketombe
Ketombe adalah bercak putih yang berada pada rambut yang dihasilkan dari pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel kulit mati yang terkelupas ini berwarna putih dalam jumlah banyak, kehadirannya sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang tidak nyaman karena timbul rasa gatal yang serupa dengan masalah kutu.

Untuk menghilangkan ketombe Anda bisa mencoba manfaat jeruk nipis. Seperti perawatan jeruk nipis lainnya, gunakan air jeruk nipis secara langsung ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit, terakhir dibilas dengan shampo dan air. Lakukan tiga kali dalam seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar